Mempelajari dasar-dasar tabulasi gitar

Untuk bisa mermain gitar memang diperlukan latihan yang berkala dan rutin, tidak bisa seperti orang membaca buku pelajaran yang hari ini dipelajari besok sudah hafal. Jika anda mencari buku panduan di-Internet tentang tabulasi gitar mungkin anda masih bingung cara membacanya. Nah diartikel ini naknus akan coba menerangkan cara membacanya.

Di artikel sebelumnya naknus sudah terangkan bagian-bagian lagu (search di oksida.com bos) mungkin artikel itu bisa mempermudah anda dalam memainkan gitar untuk mengiringi sebuah lagu. Ada berbagai macam penulisan gitar, dari not balok, angka, atau cuman ditulis chord-nya saja, dll. Diartikel ini saya akan menerangkan tabulasi gitar yang biasa di jumpai jika anda mendownload tabulasi gitar di-Internet.

lihat bagan dibawah:

– – – – – – – – – – – – – – E
– – – – – – – – – – – – – – B
– – – – – – – – – – – – – – G
– – – – – – – – – – – – – – D
– – – – – – – – – – – – – – A
– – – – – – – – – – – – – – E

Pernahkan anda jumpai bagan seperti itu. Yuk mari kita lihat dari yang paling atas. E yang paling atas berarti senar paling bawah pada gitar alias senar 1 (senar paling kecil pada gitar anda). dan B berarti senar 2, G berarti senar 3 dan seterusnya.. E,B,G,D,A,E adalah nada steman standard gitar dalam keadaan open fret atau tanpa dipencet.

Jika tabulasi ditulis seperti dibawah ini:

– – – – – – – – 9 – – – – – – E
– – – – – – 7 – – – – – – – – B
– – – – – – – – – – 8 – – – – G
– – – – – – – – – – – – – – – D
– – – – – – – – – – – – – – – A
– – – – – – – – – – – – – – – E

Coba perhatikan angka-angka yang ada didalamnya ada 3 buah, berarti anda harus memetik senar sampai 3 kali. Yang pertama kali dipetik adalah senar nomer 2 (dari bawah atau B) pada fret nomer 7, selanjutnya senar nomer 1 (senar E) petik difret nomer 9 dan terakhir kali yang dipetik adalah senar nomer 3 (senar G) pada fret 8. Fahami dulu sebelum kepelajaran selanjutnya.

Biasanya selain model tabulasi seperti diatas tersebut, sering juga kita jumpai simbol-simbol seperti Ho,Po,T,~~dan juga PM, yuk kita pelajari arti dari simbol-simbol tersebut.

Ho

Ho merupakan singkatan dari Hammer On, yaitu anda harus tekan nada pertama lalu langsung pindah ke nada berikutnya tanpa dipetik. Contoh penulisannya:

– – – – 4 – – (Ho)5 – – – – – – – E

Pertama anda harus menekan senar nada E di nomer 4 kemudian petik senar tersebut, selanjutnya dengan jari yang lain anda harus mengganti nada dengan menekan dinomer 5 tanpa memetik senar tersebut (pindah nada tanpa memetik bos..)

Po

Po merupakan singkatan dari Pull off. Po metodenya hampir sama dengan Ho cuman cara pemetikannya terbalik. Jadi anda harus memetik nada pertama lalu langsung pindah ke fret belakangnya (diangkat) tanpa memetik lagi.

PM

PM merupakan singkatan dari Palm Mute. PM berarti anda harus memainkan gitar tanpa bunyi penuh, maksutnya gunakan telapak tangan yang memetik senar untuk meredam dawai senar gitar anda. Sering kita sebut dengan ‘di-dep’.

T

T merupakan singkatan dari Tapping. Ini merupakan teknik memainkan gitar tanpa memetik, anda cukup menekan senar dengan keras, sehinga senar berbunyi. misal:

– – – – – 4 – – – 5 – – – – T10 – – B

Dengan tabulasi diatas siapkan tangan anda memetik disenar nomer 2 nada B, naknus kira dengan mempelajari pelajaran diatasnya sekarang anda sudah sedikit mengerti cara memainkannya, tinggal yang ada tulisannya T10 yang masih perlu kita kupas. Tekan nomer senar 4 dilanjutkan nomer 5 (tekan dengan jari tangan sebelah kiri jika anda bukan pemain kidal) selanjutnya (T10) dengan jari tangan kanan tekan kuat-kuat fret nomer 10. Untuk Tapping sendiri memiliki berbagai macam variasi, bisa dikombinasi dengan Ho maupun Po. Untuk bagian ini sebaiknya dikupas diforum oksida saja, karena tekniknya sedikit rumit dan memerlukan penjelasan yang harus mudah difahami.

~~

~~ maksutnya adalah vibrato atau getaran, dengan metode ini anda harus memetik senar selanjutnya naik-turunkan tangan yang memencet senar tersebut sehingga terbentuk nada yang bergelombang atau bergetar.

tabulasi gitar

tabulasi gitar

Naknus batasin dulu sampai disini tentang penjelasan cara membaca tabulasi gitar, mungkin bagi yang senior merupakan hal yang mudah, cuman bagi yang awam sampai disini aja cukup puyeng.

This entry was posted in Musik and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply